Monday, March 9, 2015

Irawan - Dari Tarkam di Surabaya Menuju Prestasi Tingkat Dunia

Matchworn A. Irawan - Homeless World Cup 2012.
Adik Mardina Irawan. Nama yang mungkin masih asing di telinga para pecinta sepakbola tanah air. Tidak mengherankan, dikarenakan ia hanya seorang anak muda asal Surabaya yang mencintai sepakbola, tanpa pengalaman tanding bertaraf nasional, apalagi Internasional.

Ia merupakan salah seorang bekas murid sekolah sepak bola El Faza milik legenda Persebaya, Mat Halil. Seringkali ia hanya terlibat dalam pertandingan sepakbola antar kampung (tarkam) di wilayah Surabaya dan sekitarnya. Tidak ada yang istimewa.

Namun siapa sangka, dari ketekunannya berlatih sepak bola dan kecintaannya terhadap permainan ini, mampu membawanya  menembus lolos seleksi yang diadakan oleh Rumah Cemara untuk mewakili Indonesia berkompetisi di Homeless World Cup 2012 di Mexico City. Sebuah kejuaraan street soccer bertaraf International untuk warga miskin kota, mantan pecandu narkoba, OHDA, dan kaum marjinal lainnya secara general.

Timnas Indonesia yang berlaga di Homeless World Cup 2012, Mexico City.
Lebih luar biasanya, pemuda kelahiran 1991 yang akrab dipanggil Wawan ini memperoleh kehormatan untuk menyandang jersey dengan nomer punggung 10, yang sering disebut sebagai nomer "keramat" dalam sepakbola. Sangat pantas mengingat skill dan visi permainannya memang bisa dikatakan diatas rata-rata pemain seusianya. Wawan pantas berbangga bahwa ia mampu mengharumkan nama Indonesia melalui sepak bola sebagai atribut perjuangan kaum marjinal hingga mampu menyabet peringkat ke-4 pada kejuaraan tersebut. Sebuah prestasi istimewa dan belum bisa disamai oleh timnas Indonesia di HWC tahun-tahun sebelum dan sesudahnya.

Irawan saat menandatangani jersey HWC 2012 miliknya
Begitu pula dengan SJC yang pantas berbangga untuk mendapat kehormatan mengoleksi jersey matchworn miliknya (juga telah ditandatangani) yang dipakai selama berlaga di Homeless World Cup 2012, Mexico City.

Benar-benar merupakan memorabilia bersejarah. Matursuwun cak Wawan! Anda luar biasa! -SJC-

Artikel penunjang, klik link berikut di: The Jakarta Post & detik.com

No comments:

Post a Comment