Sunday, December 31, 2017

Kaleidoskop Surabaya Jersey Community (SJC) 2017



Berbicara tentang kaleidoskop, membuat kami teringat di pertengahan tahun lalu. Yaitu saat melihat jadwal dan agenda komunitas ini yang padat didepan mata."Menulis kaleidoskop adalah sebuah keharusan", gumam kami waktu itu. Dan campaign 'Wani Mandiri Bersinergi' yang kami kumandangkan harus di catat dengan rapi pada setiap kegiatan yang kami laksanakan dari awal hingga penghujung tahun ini.

Dengan mengusung campaign baru seperti 'SJC Nribun', dipadu dengan campaign-campaign lama yakni 'SJC  Anjangsana', 'Open Booth and Campaign', serta beberapa kegiatan lain, kami berusaha untuk menikmati setiap proses yang kami lalui dan mengesampingkan hasil akhirnya, meskipun ada keraguan menghinggapi kami saat melakoninya kala itu.

Dan berikut kami coba urutkan kaleidoskop kegiatan dan campaign kami dari awal,beserta tujuan dan hasil yang kami capai dalam setiap pelaksanaannya.

1. WANI MANDIRI BERSINERGI CAMPAIGN : DONOR DARAH SJC BERSAMA RADIO KOTA FM



Jika boleh mengacu pada kata terakhir dari campaign kami diatas yaitu 'bersinergi', di kegiatan kami yang pertama ini, 'bersinergi' bisa diartikan sebagai sebuah kesempatan. Ya benar, kesempatan untuk bersinergi, yaitu bekerja bersama rekan media ternama di Surabaya untuk pertama kalinya. Bekerja bareng para sponsor yang setia dan pro aktif membantu kami. Dan tentunya dengan rekan-rekan hebat dari Palang Merah Indonesia (PMI) yang sabar 'meladeni' kami di waktu itu.

Petugas PMI dan sukarelawan

Tujuan awal kami menggelar kegiatan ini yaitu menggelar acara donor darah seperti umumnya. Namun dengan adanya sinergi dengan berbagai pihak yang kami sebutkan diatas, kegiatan kami ini diluar ekspektasi berakhir dengan kemeriahan dan penuh edukatif. Selain donor darah itu sendiri, hiburan musik yang sangat entertaining plus kejutan hadirnya pemain legend Persebaya sungguh menambah kesan positif dan istimewa kegiatan kami waktu itu.

Anang Ma'ruf dan Khairul Anwar



2. SJC ANJANGSANA : SJC TOUR SOLO - JOGJA

Anggota SJC berfoto bersama saat anjangsana

Diantara kegiatan atau campaign kami lainnya, mungkin agenda Anjangsana ini yang paling difavoritkan oleh dulur-dulur SJC karena selalu ditunggu waktu pelaksanaan dan planning-planning ke tempat tujuannya. Kami memilih Solo sebagai tempat untuk melangsungkan silaturrahmi berbalut main bola (mabol) di Stadion Sriwedari karena memang kami belum pernah bertandang kesana dan sesuai dengan keinginan dari dulur-dulur semua waktu itu yaitu football, meet up, and vacation.

Skuad SJC
Tepat di tanggal 23 April, kami bersama 2 komunitas lain, yaitu Komunitas Jersey Solo Raya (KJSR) dan Komunitas Jersey Semarang (KJS) melaksanakan silaturrahmi disana. Selepas dari Solo, kami melanjutkan perjalanan ke Yogyakarta untuk berwisata ke beberapa tempat wisata menarik disana. Sungguh kesan rekreatif dan penuh antusiasme seduluran ala SJC sangat terasa di Anjangsana kali ini. Semoga di 2018 mendatang kami bisa singgah dan berkunjung ke tempat-tempat menarik lainnya.


3. SJC OPEN BOOTH AND CAMPAIGN


Foto booth di Pasar Mantan M Radio

Seperti yang kami bahas sebelumnya di paragraf pertama artikel ini, agenda ini lah yang sungguh membuat kami sibuk, menguras tenaga dan pikiran kami, sekaligus memberikan pelajaran dan hasil  yang positif hingga mengharuskan kami membuat kaleidoskop tahun ini.

Foto booth di acara Bonek Fair

Tercatat 7 kali kami bersinergi di beberapa acara yang berbeda dan selalu berusaha untuk campaign mengenai komunitas kami selain menjual jersey bola original dan memperlihatkan jersey bola koleksi kami disana. Dimulai dari awal April, SJC Open Booth di Pasar Mantan M Radio.

Foto booth di Surabaya Town Square

Selanjutnya 7 Mei ketika bertandang di acara Road to Bandung Football Fair di Bandung. Saat ulang tahun kota Surabaya di acara Surabaya Urban Culture Festival 2017. Kemudian dua kali di Surabaya Town Square sekitaran Juli dan Oktober. Juga berbagi keseruan dengan para bonek di Bonek Fair 2017 sekitar bulan Agustus, dan yang terakhir berusaha cozy di open booth terakhir di Loop Graha Family Surabaya.

Foto booth di Loop Graha Family

Dari keseluruhan event yang kami ikuti diatas, yang dapat kami garis bawahi ialah bahwa lambat laun apa yang kami coba campaign-kan dulu, sekarang sudah terwujud. Banyak pecinta bola di Surabaya yang mulai paham menjadikan jersey sebagai identitas sebuah klub. Jersey bisa menjadi sebuah penunjang sisi ekonomi dalam hal investasi dan lain sebagainya.

Foto booth saat Surabaya Urban Culture Festival

Hal itu tergambar jelas ketika kami mengikuti dua event dari yang kami sebutkan diatas, yaitu saat Surabaya Urban Culture Festival dan Bonek Fair. Selain karena jumlah pengunjung dan kemeriahan acara, juga karena antusiasme para pecinta bola dan para bonek. Kehadiran kami saat open booth disana sangat berarti ketika bisa edukasi disana.



4. SJC BANGGA EL FAZA

Sosok Abah Halil
Dulu kami rencanakan campaign ini karena kekaguman kami kepada sosok abah Halil. Mat Halil yang sejak awal terbentuk SJC dulu, beliau selalu membantu dan memberi masukan nasihat yang bermanfaat, baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Anggota SJC berfoto bersama Dedi Sutanto

Dan setelah diskusi dengan beliau berbagi cerita mengenai SSB yang di asuhnya yaitu El Faza, akhirnya kami 'godog' planning ini dengan dulur dulur SJC, kemudian terciptalah campaign ini. Campaign ini secara tidak langsung, sebagai bentuk balas jasa kami kepada semua nya yang ada di El Faza atas segala bantuan, keramahannya dan tentu saja atas ilmu yang dibagikan kepada kami dulu.

Mat Halil sedang memberikan arahan

Jersey khusus pelatih dan pengajar disana kami desain dan buat khusus untuk El Faza. Dan Alhamdulillah sinergi kami kali ini dengan El Faza berujung manis. Semoga berkenan dengan usaha sederhana kami untuk El Faza nggeh abah , Salam Satu Nyali !! Wani !!.

Tim El Faza memakai jersey 



5. SJC NRIBUN

Anggota SJC yang ikut nribun

Berbicara tentang klub sepakbola kebanggaan pasti di setiap kota di Indonesia memiliki klub sepakbola masing masing. Dan bagi kami khusus untuk Persebaya Surabaya, sudah kami lakukan jauh sebelum tim yang kita kenal sekarang ini terbentuk.

Medio awal 2015 kami sudah berada di sisi lapangan untuk mendukung dengan cara mendokumentasikannya di akun sosial media (sosmed) kami, dan momentumnya ketika Bajol Ijo kembali berkompetisi di Liga 2. Kami berusaha mendengungkan dukungan kami melalui SJC Nribun ini. Mulai awal kompetisi, hingga babak final di Bandung, kami berusaha untuk mendukungnya langsung ke stadion. Alhamdulillah Persebaya Juara dan dukungan kami tidaklah sia-sia untuk tahun ini. Untuk dokumentasi saat kami nribun bisa langsung dilihat di akun sosmed kami yaitu Instagram dan Facebook, atau juga bisa langsung diakses melalui channel Youtube kami.

Tak lupa kami bersyukur untuk momen ketika mendukung tim kebanggaan kami tersebut. Dua kali kami diliput di media cetak harian nasional asli Surabaya yang mengangkat passion kami dalam mendukung Persebaya melalui jersey bola yang kami koleksi dan kami selalu bagikan edukasi dan histori mengenai jersey-jersey tersebut.

Selain 5 campaign kami diatas, ada juga kegiatan yang merupakan agenda rutin tahunan kami seperti SJC Berbagi 1000 Takjil yang selalu kami adakan pada minggu ketiga bulan Ramadhan. Tentunya dengan konsep yang selalu berbeda di setiap tahunnya. Untuk video dan dokumentasinya bisa dilihat dan diakses di seluruh akun sosmed dan channel Youtube kami lur.

Hiburan saat acara Bagi Takjil



Penyerahan takjil kepada pengendara motor

Di pertengahan Maret, kami beruntung berkesempatan untuk diliput oleh rekan-rekan dari beberapa stasiun televisi yang mengangkat sedikit dari komunitas kami dan kisah sederhana kami dalam berbagi koleksi dan ber-campaing bersama SJC.

Tak lupa acara ulang tahun ke-5 komunitas kami ini, yang kami adakan tepat tanggal 20 Agustus di Blitar Jawa Timur dengan tajuk trofeo bersama tim bola asli Blitar dan Komunitas Jersey Malang (KJM). Acara ini dipadukan dengan rekreasi, games, dan acara tasyakuran yang Alhamdulillah berlangsung dengan lancar, meriah, dan memberi kesan tersendiri bagi kami. Untuk cerita lengkap dan dokumentasinya bisa langsung dibaca di artikel kami sebelumnya atau di seluruh akun dan channel sosmed kami.

Acara tumpengan 5 tahun SJC

Mabol dalam rangka ultah SJC ke-5

Jalan-jalan setelah mabol

Layaknya kaleidoskop yang biasa ditulis, kami coba sisipkan sedikit resolusi kami untuk tahun 2018 yaitu semoga komunitas kami selalu bisa ber-campaign terus dengan kegiatan-kegiatan positifnya,. Selalu bisa bersilaturrahmi, berbagi, dan mengedukasi. Dan tentunya lebih maju, berkibar daripada tahun-tahun sebelumnya. Tak lupa Juaralah Persebaya di kasta tertinggi liga Indonesia. Salam Satu Nyali !! Wani !! ,Wani Mandiri bersinergi.

No comments:

Post a Comment